Friday, November 2, 2012

Cara Menjodohkan Kenari | Pengalaman Pribadi

Tips menjodohkan kenari - Sebagai seorang peternak kenari, tentu saja memiliki tujuan untuk mengembangbiakkan kenari tersebut. Anakan kenari tentu saja merupakan aset berharga yang nantinya dapat dikonversi menjadi uang dan merupakan penghasilan rutin bagi si peternak. Tetapi, sebelum sepasang kenari bertelur dan kemudian menetas menghasilkan anakan kenari, langkah awal yang harus dilakukan adalah menjodohkan sepasang kenari tersebut.

Banyak peternak pemula tidak sabar dan segera ingin mendapatkan hasil alias anakan kenari. Hal ini biasanya membuat perjodohkan kenari semakin lama dan anakan kenari tidak kunjung datang. Oleh karena itu, berikut ini akan saya bagi beberapa tips atau cara menjodohkan kenari agar dapat menghasilkan anakan kenari. Mungkin bukan cara yang cepat tetapi tips ini merupakan pengalaman pribadi saya dalam menjodohkan sepasang kenari.
Tips pertama, pastikan kenari jantan dan betina yang akan dijodohkan sudah berumur alias sudah memasuki masa subur untuk kawin. Biasanya kenari jantan berumur 8-9 bulan dan betina 7-8 bulan. Ukuran umur kenari ini tidak baku, ada juga kenari yang umurnya masih 6 bulan sudah birahi dan minta kawin. Tetapi ada juga kenari yang sudah berumur 12 bulan lebih belum birahi. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh jenis burung kenari tersebut dan masih banyak faktor lain yang membuat kenari tidak birahi.
Tips kedua, untuk pejantan pastikan sudah gacor dan memiliki mental yang bagus atau petarung agar tidak takut dengan betina.
Tips ketiga, dekatkan sangkar jantan dan betina terlebih dahulu. Baik saat dijemur dipagi hari atau pada saat malam hari. Hal ini terbukti mempercepat proses perjodohan kenari jantan dan betina (pengalaman pribadi).
Tips keempat, kenari jantan dan betina bisa dicampur bila keduanya sudah menunjukkan tingkat laku seperti berikut. Kenari jantan sudah menabrak-nabrak sangkar sambil berkicau, sedangkan kenari betina sudah mengepakkan sayapnya bila si jantan berkicau. Sesuai pengalaman pribadi, hal ini merupakan saat bagi peternak untuk mencampur keduanya. Untuk lebih baiknya, pantau kenari jantan dan betina saat pertama kali dicampur, agar jika keduanya berkelahi Anda dapat memisahkkan lagi. Kenari sudah berjodoh dapat ditandai apabila si jantan dan betina sudah saling meloloh (pengalaman pribadi).
Itulah tips menjodohkan kenari yang sering saya lakukan. Dari beberapa peternak yang ada, mungkin memiliki tips dan cara yang berbeda saat menjodohkan kenari. Silahkan diikuti langkah-langkah mengawinkan kenari di atas jika dirasa berkenan di hati Anda.

1 comment:

  1. om ko kenari saya pas di campur saling meloloh ko pas lama ke lamaan jadi berantem padahal si jantan udh siap kebetulan kenari dara saya udh 7 bulan ko belum birahi ksih mnta tips'ny agar kenari saya cepat menjodoh makasih salam om kicau mania hehehehe

    ReplyDelete